Buah dan Makanan yang Baik untuk Meningkatkan Kesuburan

buah peningkat kesuburan
Buah dan makanan yang baik untuk meningkatkan kesuburan wanita salah satunya adalah yang mengandung asam folat. WHO telah mensyaratkan bahwa tubuh orang dewasa membutuhkan 400 mikrogram asam folat setiap hari. Sementara untuk wanita hamil, maka asupan asam folat adalah 800 mikrogram/hari. Bila tubuh wanita hamil kekurangan asam folat bisa mengakibatkan terjadinya cacat bawaan pada bayi. Seperti cacat tabung syaraf dan keabnormalan otak serta sum-sum tulang belakang. Namun jangan khawatir sesungguhnya asam folat mudah untuk diketemukan disekitar kita yakni ada pada  sayuran hijau dan buah-buah. Seperti:

  • Brokoli
    Sayur yang tampak seperti kubis ini  memiliki khasiat untuk mempercepat proses penyembuhan bagi yang menderita sakit berat. Brokoli juga dapat mencegah dan menghambat berkembangnya sel kanker.
  • Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan memiliki sumber protein dan serat yang kaya akan gizi seperti mineral. Vitamin B, karbohidrat komplek. Kacang-kacangan mengandung 8-17% protein, 100 g zat besi dan 100 g kalsium. 
  • Bayam
    Ternyata sayaur bayam dalam dua ikatnya menyumbang asam folat kurang dari 200 mikrogram.
  • Telur.
    Putih telur pada ayam dan bebek kandungan asam folatnya ada pada putih telur. Pada telur bebek kandungan asam folat sebesar 14,85 mcg/l00g sementara putih telur ayam mencapai 14,67 mcg/l00g.
  • Alpukat
    Kandungan vitamin E alpukat dapat menetralkan radikal bebas dan menekan risiko infeksi, sedangkan vitamin B-nya membantu produksi antibodi secara alami. Kandungan omega-6, asam lemak esensial dalam alpukat mampu meredakan radang. Terbukti juga bahwa buah ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Gandum dan Susu
    Tahun 1996 Food and Drug Administration (FDA) telah mengeluarkan peraturan yang mengharuskan penambahan asam folat pada roti, sereal, tepung, makanan yang terbuat dari jagung, pasta, beras dan produk biji-bijian lain.Menurut penelitian gandum dan susu terdapat asam folat yang cukup tinggi.
  • Jeruk
    Selain sebagai sumber vitamin C, kandungan satu buah jeruk terdapat 20% dari kebutuhan folat sehari-hari.  Jeruk juga dapat menaikkan kadar folat dan dan menurunkan kadar racun dalam pembuluh darah.
  • Strowberi
    Buah cantik yang banyak dibudidayakan di Lembang Bandung ini dalam 1 gelas potongan stroberi terdapat dengan 7,5 persen kebutuhan asam folat harian untuk ibu hamil. Meski begitu stowberi ini juga
    terdapat 50 kalori dan tidak mengandung kolesterol atau asam lemak jenuh.   
  • Hati sapi
    Hati sapi memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Namun bagi mereka yang sedang hamil  tidak diajurkan mengkonsumsi hati sapi karena dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan.  
  • Pisang
    Nah, buah yang populer di Indonesia ternyata juga memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi juga. Bila Anda  mengkonsumsi 1,5-2 pisang setiap hari, maka kebutuhan asam folat dapat terpenuhi. Kandungan dua buah pisang setara dengan 58 mikrogram folat. 
Masih banyak lagi sesuatu hal yang terlihat sepele disekitar kita namun ternyata memiliki nilai tambah yang sangat besar untuk memelihara kesehatan kita terutama bagaimana kita mempersiapkan diri untuk program kehamilan. Sebagai bahan referensi terpercaya dan untuk mengetahui makanan pendukung apa saja sehingga kehamilan dapat diperoleh Anda dapat membaca : Buah-Buahan yang Dilarang Dikonsumsi selama Program Kehamilan.